Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Games di SDN 9 Buatan Baru  oleh Mahasiswa KKN UNRI

Kilasriau.com - Salah satu program kerja utama dari KKN UNRI di Desa Buatan Baru yaitu mengenalkan media pembelajaran interaktif berbasis games.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghadirkan suasana belajar yang lebih interaktif dan seru serta untuk mengenalkan simbol dan makna pancasila dengan cara yang tentunya dapat menarik perhatian siswa-siswi sekolah dasar.

Kelompok KKN ini terdiri dari Nurman Efrinson Saragih (Teknik Mesin 2021) selaku ketua tim, Jordan Napitupulu (Teknik Mesin 2021), Donny Lukfiansah (Teknik Mesin 2021), Anis Aprilia (Teknik Mesin 2021), Erni Maulidiawati (PPKn 2021), Filma Anggraini (PPKn 2021), Diva Natasha Putri (Ekonomi Pembangunan 2021), Tasya Fajar Putri (Ekonomi Pembangunan 2021), Amanda Tifani (Sosiologi 2021), dan Yulu Yanti Sitompul (Sosiologi 2021).

Dimana penyelenggara tersebut berlangsung di SDN 9 Buatan Baru Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak. Media pembelajaran yang digunakan berupa games link-dot. Media ini terdiri dari papan dengan beberapa kolom yang masing-masing akan diberi simbol dan sila pancasila.

Setiap siswa-siswi akan diberi kesempatan untuk menghubungkan simbol dan sila yang sesuai sebagai level 1 dalam games ini. Selanjutnya, siswa-siswi yang mampu melewati level 1 akan naik ke level 2 untuk menjawab pertanyaan mengenai pancasila. Siswa-siswi yang mampu melewati semua level akan diberi reward di akhir games.

Media pembelajaran ini tentu diharapkan dapat membantu kegiatan belajar mengajar agar lebih seru dan interaktif. Menurut Nurman Efrinson Saragih selaku Ketua Tim KKN UNRI Desa Buatan Baru "Media pembelajaran berbasis games seperti ini tentu dapat meningkatkan semangat dan antusias belajar siswa-siswi sekolah dasar. Di samping mendapat keseruan belajar tentunya nilai pelajaran yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan cara yang lebih sederhana dan tidak membosankan"






Tulis Komentar